kemana sila kedua Pancasila-ku

di ketika ...
ibu-ibu turun ke jalan demi anak-anaknya
guru-guru turun ke jalan demi murid-muridnya
dokter-dokter turun ke jalan demi pasien-pasiennya
sungguh aku bertanya
kemana sila kedua Pancasila-ku
Pancasila-ku dasar negara-ku


Deskripsi:

Image result for pengorbanan seorang ibuKasih ibu kepada beta. Tak terhingga sepanjang masa. Hanya memberi tak harap kembali. Bagai sang surya menyinari dunia. Ibu manusia mulia. Ia akan melakukan apa pun bagi sang buah hatinya. Ia rela memberikan apa pun bagi kebahagian buah hatinya, walau ia berkorban memberikan apa pun yang ia miliki.

Image result for unjukrasa ibu-ibu tentang susu bayiDi negeri ini, pernah terjadi (2008), ibu-ibu dengan berat hati, turun ke jalan (demon-strasi) menuntut kebutuhan bagi sang buah hatinya, yaitu susu bayi, yang saat itu harganya tak terjangkaui. Untuk mendapatkan susu bagi bayinya, mereka rela antrian panjang dan menjual apa pun yang dimilikinya. Bahkan di beberapa tempat diberitakan, "tajin (jw)" dijadikan sebagai susu. Tak sedikit pula yang dengan terpaksa, sang buah hati hanya minum air karena tak ada susu baginya. Negeri yang oleh Koes Plus dikatakan "bukan lautan hanya kolam susu", saat itu benar-benar negeri kita berada dalam titik nadzir kemanusiaan. Kemana sila kedua Pancasila-ku saat itu?

Image result for kaisar jepang hirohitoPaska pengeboman Hirosima dan Nagasaki yang meluluhlantakkan negeri Jepang, "ada berapa guru yang masih hidup?", pertanyaan Kaisar Jepang dalam situasi yang demikian itu. Beliau memandang penting peran guru untuk membangun negaranya yang telah luluhlantak baik harta benda maupun moril rakyatnya. Dan ternyata pandangan tersebut menghasilkan kebangkitan negara Jepang seperti saat ini.

Pendidikan di bumi Indonesia telah ada sebelum negara Indonesia diproklamirkan. Pendidikan masa itu diselenggarakan oleh masyarakat. Dan oleh pendiri negara Indonesia, dinyatakan bahwa penyelenggara negara memiliki tugas mencerdasakan kehidupan bangsa.

Pada awal-awal kemerdekaan, dengan keterbatasan yang dimiliki, upaya ini telah dilaksanakan. Dapat dicatat, bagaimana Ki Hajar Dewantoro sebagai menteri pendidikan menancapkan sendi-sendi nilai-nilai pendidikan di negeri ini.
Image result for mogok mengajarNamun perkembangan selanjutnya, aneka kebijakan pemerintah, memang dengan maksud meningkatkan pendidikan, namun dalam prakteknya "membingungkan" anak-anak didik dan "membelenggu" para guru-gurunya. Sebut saja UN sebagai penentu kelulusn dan aneka bantuan pemerintah. Akhirnya pada gilirannya menimbulkan proses pendidikan "beraroma" ketidakjujuran. Kata Iwan Fals, "Jadi guru jujur dan berbakti memang makan hati".
Ketidaklayakan sarana pendidikan di beberapa tempat dan gaji guru honorer membikin  "gemes" para guru. Walau dengan berat hati, pernah para guru melakukan unjukrasa untuk mengingatkan pemerintah atas kebijakan yang dikeluarkannya.
Kemana sila kedua Pancasila-ku?


Syair lagu Indonesia Raya, "bangunlah jiwanya bangunlah badannya untuk Indonesia Raya", di setiap kesempatan dilantunkan. Kesehatan jiwa dan raga anak bangsa ini harus mendapatkan perhatian. Di sini peran dokter sangat dipentingkan dalam pelayanan bagi para pasiennya. Dulu anak-anak kalau ditanya bercita-cita sebagai dokter.

Image result for unjuk rasa dokter indonesia
Pada akhir-akhir ini, program pemerintah berkaitan dengan kesehatan khususnya peran para dokter, menggelisahkan para dokter, dan pada gilirannya tidak optimalnya para dokter melayani para pasien-pasiennya. Sebut saja program BPJS.  Dalam tataran tertentu membelenggu para dokter melayani pasien-pasiennya. Jeritan hati para dokter pun, mendorong para dokter terpaksa melakukan unjuk rasa turun di jalan. 

Kemana sila kedua Pancasila-ku?

Kemanusiaan yang adil dan beradab. Bunyi sila kedua dari Pancasila. Satu diantara lima dasar nilai normatif dalam penyelenggaraan negara Indonesia. Diantara maknanya bahwa segala peraturan negara harus bernilai kemanusiaan. 
Adalah suatu "peristiwa luar biasa" untuk negara Indonesia, bilamana : para ibu harus turun ke jalan menuntut susu buat anak-anaknya; para guru turun ke jalan menuntut kelayakan pendidikan bagi murid-muridnya; para dokter tutun ke jalan menuntut kelayakan pelayanan kesehatan terhadap pasien-pasiennya. Ada yang tak beres dan tak "bares" di negeri ini.
Image result for rakyat berdaulat
Mari kita sebagai rakyat, pemegang kedaulatan negeri ini, kita yang bertanggungjawab atas negeri ini. kita rajin mencermati dan mengoreksi kebijakan para penyelenggara negeri kita ini, dan bila perlu menghentikannya. (mtq18032016)

  © Blogger templates Psi by Ourblogtemplates.com 2008 | Support By Zie

Back to TOP